MODUL 1.4

BUDAYA POSITIF

TUGAS 1.4.a.9

AKSI NYATA

 

OLEH : HERLINA

CGP ANGKATAN 5

DEMAK-JAWA TENGAH

 

FASILITATOR

PENGAJAR PRAKTIK

CGP

DIDIK BASUKI

JUWAEKAH

HERLINA

 

LATAR BELAKANG

Budaya Positif di sekolah adalah nilai, keyakinan dan kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid. Tujuannya agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang mencerminkan profil pelajar Pancasila. Budaya Positif perlu diciptakan agar dapat mendukung pembentukan karakter murid. Proses kegiatan pembelajaran akan berlangsung tertib dan lancar jika Budaya Positif  diterapkan di kelas maupun di sekolah.

 

TUJUAN

1.    Menumbuhkan kebiasan-kebiasaan positif dengan keyakinan kelas sekaligus menumbuhkan nilai-nilai profil pelajar Pancasila.

2.    Melatih tanggung jawab dan kedisiplinan agar dimanapun berada murid dapat menerapkan Budaya Positif.

3.    Terciptanya suasana pembelajaran yang aman, nyaman, tertib, disiplin dan berpihak pada murid.

 

TOLAK UKUR

1.    Peserta didik mampu membuat keyakinan kelas sesuai nilai-nilai profil pelajar Pancasila.

2.    Peserta didik mampu menjalankan keyakinan kelas yang telah disepakati bersama.

3.    Suasana pembelajaran yang aman, nyaman, tertib, disiplin dan berpihak pada murid.

 

LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

1.    Melakukan koordinasi dengan Kepala sekolah dan rekan sejawat

2.    Memberikan sosialisasi kepada warga sekolah terkait disiplin positif dan keyakinan kelas.

3.    Menjelaskan tentang pengertian, dan manfaat keyakinan kelas.

4.    Berkolaborasi dengan peserta didik untuk membuat keyakinan kelas.

5.    Guru memfasilitasi murid untuk membuat keyakinan kelas.

6.    Keyakinan kelas yang telah disepakati bersama selanjutnya di pajang di kelas.

7.    Menumbuhkan dan menanamkan pembiasaan nilai-nilai profil pelajar Pancasila.

8.  Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan Budaya Positif di kelas maupun di sekolah.

9.   Mendokumentasikan kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan, dan membiasakan Budaya Positif.

 

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

1.   Guru sebagai role model atau teladan bagi murid dalam menumbuhkan Budaya Positif di lingkungan sekolah.

2. Seluruh warga sekolah berkolaborasi dalam menciptakan serta membiasakan Budaya Positif di sekolah.

3.    Orang tua melakukan pembiasaan Budaya Positif di rumah.

4.    Sarana dan prasarana untuk menumbuhkan Budaya Positif di lingkungan sekolah.

 

DOKUMENTASI AKSI NYATA

1. Melakukan koordinasi dengan Kepala sekolah dan rekan sejawat terkait Budaya Positif dan keyakinan kelas.

2.    Memberikan sosialisasi kepada warga sekolah terkait disiplin positif dan keyakinan kelas.

3.    Menjelaskan tentang pengertian, dan manfaat keyakinan kelas.

4.    Berkolaborasi dengan peserta didik untuk membuat keyakinan kelas.

5.    Guru memfasilitasi murid untuk membuat keyakinan kelas.

6.    Keyakinan kelas yang telah disepakati bersama selanjutnya di pajang di kelas.

8.    Menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan Budaya Positif di kelas maupun di sekolah.

Mengembalikan peralatan pada tempatnya

Saling menghargai dan menyayangi dan S3 (senyum, salam dan sapa)


Membersihkan kelas dan membuang sampah pada tempatnya
Berbaris sebelum masuk kelas

Berpakaian baik, rapi dan sopan
Berdo'a sebelum dan sesudah kegiatan

Praktik Penerapan Segitiga Restitusi

9.    Mendokumentasikan kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan, dan membiasakan Budaya Positif.

 

 

 

SEKIAN

TERIMA KASIH

SALAM GURU PENGGERAK









Guru Bergerak, Indonesia Maju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini