MODUL
1.4
BUDAYA
POSITIF
TUGAS
1.4.a.9
AKSI
NYATA
OLEH
: HERLINA
CGP
ANGKATAN 5
DEMAK-JAWA
TENGAH
FASILITATOR |
PENGAJAR PRAKTIK |
CGP |
DIDIK BASUKI |
JUWAEKAH |
HERLINA |
LATAR BELAKANG
Budaya Positif di sekolah
adalah nilai, keyakinan dan kebiasaan di sekolah yang berpihak pada murid.
Tujuannya agar murid dapat berkembang menjadi pribadi yang mencerminkan profil
pelajar Pancasila. Budaya Positif perlu diciptakan agar dapat mendukung
pembentukan karakter murid. Proses kegiatan pembelajaran akan berlangsung
tertib dan lancar jika Budaya Positif
diterapkan di kelas maupun di sekolah.
TUJUAN
1. Menumbuhkan
kebiasan-kebiasaan positif dengan keyakinan kelas sekaligus menumbuhkan
nilai-nilai profil pelajar Pancasila.
2. Melatih
tanggung jawab dan kedisiplinan agar dimanapun berada murid dapat menerapkan
Budaya Positif.
3. Terciptanya
suasana pembelajaran yang aman, nyaman, tertib, disiplin dan berpihak pada
murid.
TOLAK UKUR
1. Peserta
didik mampu membuat keyakinan kelas sesuai nilai-nilai profil pelajar
Pancasila.
2. Peserta
didik mampu menjalankan keyakinan kelas yang telah disepakati bersama.
3. Suasana pembelajaran yang aman, nyaman, tertib, disiplin dan berpihak pada murid.
LINIMASA TINDAKAN YANG
AKAN DILAKUKAN
1. Melakukan
koordinasi dengan Kepala sekolah dan rekan sejawat
2. Memberikan
sosialisasi kepada warga sekolah terkait disiplin positif dan keyakinan kelas.
3. Menjelaskan
tentang pengertian, dan manfaat keyakinan kelas.
4. Berkolaborasi
dengan peserta didik untuk membuat keyakinan kelas.
5. Guru
memfasilitasi murid untuk membuat keyakinan kelas.
6. Keyakinan
kelas yang telah disepakati bersama selanjutnya di pajang di kelas.
7. Menumbuhkan
dan menanamkan pembiasaan nilai-nilai profil pelajar Pancasila.
8. Menumbuhkan
kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan Budaya Positif di kelas
maupun di sekolah.
9. Mendokumentasikan
kegiatan pembelajaran yang menumbuhkan, dan membiasakan Budaya Positif.
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
1. Guru
sebagai role model atau teladan bagi murid dalam menumbuhkan Budaya Positif di
lingkungan sekolah.
2. Seluruh
warga sekolah berkolaborasi dalam menciptakan serta membiasakan Budaya Positif
di sekolah.
3. Orang
tua melakukan pembiasaan Budaya Positif di rumah.
4. Sarana
dan prasarana untuk menumbuhkan Budaya Positif di lingkungan sekolah.
DOKUMENTASI AKSI NYATA
1. Melakukan
koordinasi dengan Kepala sekolah dan rekan sejawat terkait Budaya Positif dan
keyakinan kelas.
2. Memberikan
sosialisasi kepada warga sekolah terkait disiplin positif dan keyakinan kelas.
3. Menjelaskan
tentang pengertian, dan manfaat keyakinan kelas.
4. Berkolaborasi
dengan peserta didik untuk membuat keyakinan kelas.
5. Guru memfasilitasi murid untuk membuat keyakinan kelas.
6. Keyakinan
kelas yang telah disepakati bersama selanjutnya di pajang di kelas.
8. Menumbuhkan
kebiasaan-kebiasaan dalam aksi nyata menjadi pembiasaan Budaya Positif di kelas
maupun di sekolah.
Komentar
Posting Komentar